Jumat, 03 April 2015

Iran Rayakan Pencapaian Kesepakatan Nuklir

Allah Subhanahu WA Ta'ala Berfirman :
وَتِلْكَ الْأَيَّامُ نُدَاوِلُهَا بَيْنَ النَّاسِ وَلِيَعْلَمَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا وَيَتَّخِذَ مِنكُمْ شُهَدَاءَ
"Dan masa (kejayaan dan kehancuran) itu Kami pergilirkan diantara manusia (agar mereka mendapat pelajaran); dan supaya Allah membedakan orang-orang yang beriman (dengan orang-orang kafir) supaya sebagian kamu dijadikan-Nya (gugur sebagai) syuhada'".  (QS. Ali Imran : 140)
  
Kegembiraan rakyat Iran       (lematin.ch)
(Mediaislamia.com) --- Penduduk Iran turun ke jalan-jalan merayakan pencapaian kesepakatan nuklir negaranya dengan AS dan lima kekuatan nuklir dunia; Jerman, Prancis, Inggris, Rusia, dan Tiongkok.

Di Tehran, warga berpawai di luar gedung Kementerian Luar Negeri, seraya menyuarakan pujian untuk para perunding. Beberapa mengibarkan bendera, dan lainnya membuat tanda victory di jalanan kota.

Di pesawat dalam perjalanan pulang dari Lausanne ke Tehran, Menlu Iran Javad Zarif merayakan sukses perundingan dengan wartawan yang meliput perundingan.

Ali Araghchi, sepupu deputy Menlu Abbas Araghchi, merekam suasana itu dan mempostingnya di Instagram.

Situasi lebih menarik terjadi di berbagai medis sosial. Penduduk Tehran menuliskan kegembiraannya, dan memuji pemerintah mereka, dan para juru runding.

Situasi sebaliknya terjadi di Israel. Setelah PM Benjamin Netanyahu mengatakan kesepakatan itu mengancam masa depan Israel, tidak ada warga Yahudi yang menyambut gembira kesepakatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar