Sabtu, 25 April 2015

Sambut Ramadan, Saudi Perluas Mataf Untuk Tampung 100,000 Jama’ah Per Jam



Proyek pelebaran Mataf, area pelaksanaan tawaf mengelilingi Ka’bah, dilaporkan akan selesai sebelum Ramadan tdan siap menampung 100,000 jama’ah per jam, seperti dilansir Arabnews, Sabtu (25/4)
Kabar ini dikonfirmasi oleh Sultan Al Quraishi, Direktur Manajemen Proyek di Komite Kerajaan untuk Urusan Dua Masjid Suci, seperti yang dilaporkan Al Iqtisadiah.
Dijadwalkan, pada saat yang sama proses pengerjaan fase ketiga pengembangan Masjidil Haram yang meliputi pemasangan granit di basemen, lantai dasar dan lantai tingkat pertama. Selain itu pembangunan area ibadah dan toilet di sisi utara Masjid juga akan dituntaskan di waktu yang berbarengan.
“Sekarang kami sedang menyelesaikan pembangunan gedung fungsional yang terdiri dari kantor pemerintah, ruang operasi, markas penjaga keamanan, departemen kesehatan, bulan sabit merah, dan kantor instansi terkait lainnya. Sejauh ini kami telah mengerjakan 95% proses pembangunan,” ujarAl Quraishi.
Masih menurut Al Quraishi, arsitektur, sistem kelistrikan dan sistem mekanis modern telah diterapkan pada bangunan tersebut.
Al Quraishi menjelaskan, proyek pelebaran kali ini mencakup penambahan area seluas 75000 meter persegi. Terdiri dari perluasan Mataf, penambahan tempat penyimpanan air, pembangunan 12,500 toilet dan sistem pengolahan limbah serta pemusatan sistem kebersihan terpadu.

sumber:gemaislam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar