Selasa, 21 April 2015

Indonesia Akan Buka Konsul Kehormatan di Palestina

Rasulullah Shalallahu 'alaihi wassalam bersabda :
عَنْ اَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِى اللهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللهِ ص اِنْصُرْاَخَاكَ ظَالِمًااَوْمَظْلُومًا قَالَ يَا رَسُولَ اللهِ هذا نَنْصُرُهُ مَظْلُومًا فَكَيْفَ نَنْصُرُهُ ظَالِمًا ؟ قَالَ تَأْخُذُ فَوْقَ يَدَيْهِ 
Dari Anas bin Malik r.a berkata : Rasulullah Saw bersabda : “Tolonglah saudaramu baik zhalim atau dizhalimi, maka bagaimanakah kamu menolong orang yang zhalim? Beliau bersabda : “Kamu ambil (tahan) kedua tangannya”. 

Pembicaraan Indonesia dan Palestina di KAA       (rmol.co)
(Mediaislamia.com) --- Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, menyampaikan langsung dukungan kemerdekaan Palestina kepada Perdana Menteri Rami Hamdallah dalam pertemuan bilateral di sela Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika di Jakarta Convention Center, Selasa (21/4). Sebagai salah satu langkah awal kerja sama dukungan, Indonesia merencanakan membuka Konsul Kehormatan di Palestina.

"Yang paling penting yang ingin kita sampaikan, tadi saya sampaikan ke Perdana Menteri bahwa Palestina adalah satu-satunya negara yang masih dalam penjajahan, masih dalam posisi dijajah dan saatnya sekarang harus diakhiri. Oleh sebab itu, setelah ini akan ada pertemuan tindak lanjut untuk Palestina," ujar Jokowi kepada awak media sesaat setelah melakukan pertemuan.

Selain mendukung Palestina menjadi anggota tetap PBB, Jokowi juga menjabarkan langkah konkret lain yang akan diambil oleh Indonesia. "Kita tadi juga minta persetujuan untuk pembukaan Konsul Kehormatan Indonesia di Ramallah dan tadi Perdana Menteri menyampaikan didukung. Itu akan mempermudah," tutur Jokowi.
Tak hanya dukungan pembebasan Palestina, Indonesia juga berkomitmen untuk membantu peningkatan kapasitas sumber daya manusia. Jokowi juga menyebut bahwa hubungan dagang antara Indonesia dan Palestina akan diperkuat.

"Tadi juga dari Palestina minta perdagangan Indonesia Palestina itu diperbesar, tetapi ada permintaan agar diberikan pembebasan pajak untuk barang-barang dari Palestina. Ini masih dalam kajian. Kalau bisa diberikan insentif pajak, itu akan bisa masuk ke Indonesia," papar Jokowi.

Isu kemerdekaan Palestina memang menjadi salah satu titik tekan dalam KTT Asia Afrika kali ini. Salah satu dari tiga outcome document dari KTT Asia Afrika adalah bentuk dukungan kemerdekaan dan pembangunan kapasitas Palestina yang terangkum dalam Deklarasi Palestina.

Rangkaian acara peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika ini dihelat pada 19-24 April. Pertemuan tingkat pejabat tinggi sendiri diselenggarakan di Jakarta pada 19-23 April. Pada 24 April seluruh perwakilan negara akan bertolak ke Bandung untuk melakukan prosesi napak tilas KAA.

Konferensi Asia Afrika pertama kali diselenggarakan pada 18-24 April 1955 di Gedung Merdeka, Bandung. Pertemuan ini diadakan dengan tujuan mempromosikan kerja sama ekonomi dan kebudayaan Asia-Afrika dan melawan kolonialisme atau neokolonialisme Amerika Serikat, Uni Soviet, dan negara imperialis lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar