Jumat, 10 April 2015

India Bantu Evakuasi 638 WNI di Yaman

Rasulullah Shalallahu 'alaihi wassalam bersabda :
وَ اللهُ فىِ عَوْنِ اْلعَبْدِ مَا كَانَ اْلعَبْدُ فىِ عَوْنِ أَخِيْهِ
“Allah senantiasa menolong seorang hamba selama hamba itu menolong saudaranya”.  (HR Muslim: 2699, at-Turmudziy: 1930, 1425, 2945, Abu Dawud: 4946, Ibnu Majah: 225 dan Ahmad: II/ 252, 296, 500, 514. Berkata asy-Syaikh al-Albaniy Shahih) 

Evakuasi WNI di Yaman      (poskotanews.com)
(Mediaislamia.com) --- Berbagai cara dilakukan pihak Kementerian Luar Negeri RI (Kemlu) mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) yang terjebak di Yaman. Salah satunya dengan meminta bantuan dari Pemerintah India.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi ketika ditemui wartawan di Jakarta, Jumat (10/4/2015).

“Hari ini, kami akan coba menggunakan Kapal India merapat ke Kota Aden. Kita coba buka bagian untuk keamanannya supaya kita bisa membawa WNI dan warga negara lainnya untuk merapat ke pelabuhan,” kata Menlu Retno.

Kemlu berharap pilihan ini bisa dilakukan karena dinamikanya masih tinggi sekali. Pihak Kemlu sendiri masih belum bisa memastikan, tapi kalau rencana berhasil kemungkinan WNI akan evakuasi.

“Dan kita berkerja sama dengan Pemerintah India untuk mengavakuasi warga negara kita,” ungkap Menlu Retno.

“Hari ini dan besok, akan ada evakuasi warga negara kita dari Tarim, Yaman sebanyak 423 WNI dan Al Mukalla, 260 warga. Angka itu, akan dikumpulkan di Kota Salala, Oman, lalu ke Tanah Air,” sambungnya.

Nanti, dari Kota Salala ke Indonesia pihak Kemlu akan menggunakan dua opsi. Satu pesawat TNI AU akan membawa 100 evakuasi dan juga menggunakan pesawat khusus untuk membawa warga lainnya

“Kalau ini lancar akan ada 600 WNI yang akan dibawa pulang,” lanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar