Sabtu, 18 April 2015

Agenda Utama Konfrensi Asia Afrika di Jakarta

Allah Subhanahu Wa Ta'ala Berfirman :
وَقُلِ اعْمَلُوا فَسَيَرَى اللَّهُ عَمَلَكُمْ وَرَسُولُهُ وَالْمُؤْمِنُونَ ۖ وَسَتُرَدُّونَ إِلَىٰ عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ
Dan Katakanlah: "Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan".  (QS. At Taubah : 105) 

Yanuar Nugroho       (suarakita.org)
(Mediaislamia.com) --- Konferensi Tingkat Tinggi negara-negara Asia dan Afrika akan digelar pada tanggal 19 sampai 24 April 2015 mendatang di dua kota, yaitu Jakarta dan Bandung.

Sebelum acara dimulai, Panitia Pelaksana KTT Asia Afrika, Yanuar Nugroho menjelaskan agenda-agenda yang akan dilaksanakan selama enam hari tersebut.

"Pada hari pertama, tanggal 19 April 2015 akan digelar senior official meeting. Pada tanggal 20 April nanti ada pertemuan tingkat menteri," ujar Yanuar di gedung Bina Graha, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Jumat (20/3/2015).

Setelah itu, Yanuar mengatakan akan menggelar Bandung Message yang akan membahas mengenai persoalan mengedepankan kerjasama yang baru, konkrit dan dapat segera dilaksanakan atau diaplikasikan.

Logo KAA ke 60 tahun         (wisatabdg.com)
Kemudian akan ada pembahasan mengenai revitalisasi dan penguatan kemitraan Asia-Afrika pada tiga pilar, yaitu solidaritas politik, kerjasama ekonomi berbasis maritim dan hubungan sosial budaya.

"Nanti juga akan ada declaration on Palestine, yaitu dukungan secara konsisten terhadap pendirian negara Palestina dan hak-hak dasar warga negara Palestina," kata Yanuar.

Dalam kesempatan itu, Yanuar menjelaskan nantinya Presiden Joko Widodo akan mengisi beberapa agenda pada tanggal 22 sampai 23 April 2015 untuk memimpin jalannya KTT Asia-AFrika.

Kemudian akan membuka Asia-Africa Business Summit dan sebagai keynote speaker pada tanggal 21 sampai 22 April 2015 dan akan menjadi tuan rumah jamuan makan malam Kepala Negara dan Pemerintahan pada tanggal 22 April 2015.

"Di Bandung, Presiden akan memimpin peringatan ke-60 Konferensi Asia-Afrika dan peringatan ke-10 NAASP pada tanggal 24 April 2015," tutur Yanuar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar