Senin, 13 April 2015

Puluhan Siswa di Yogyakarta Gagal UN Online

Allah Subhanahu Wa Ta'ala Berfirman :
فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا     إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا     فَإِذَا فَرَغْتَ فَانصَبْ      و لَىٰ رَبِّكَ فَارْغَب
"Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain, dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap".   (QS. Ash Sharh : 5-8) 

Gagal Login dalam UN Online   (nasional.news.viva.co.id)
(Mediaislamia.com) --- Ujian Nasional Computer Based Test (CBT) atau UN Onlineyang diterapkan pemerintah belum sepenuhnya berjalan lancar. Seperti yang terjadi di SMK Negeri 3 Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Sebanyak 27 siswa gagal mengikuti ujian karena tidak bisa log in.

Hal ini terungkap pada saat dilakukan pantauan UN Online oleh Bupati Bantul, Sri Suryawidati di sekolah tersebut. Kepala Sekolah SMK N 3 Kasihan Rahmat Supriyono mengatakan, para siswa tersebut tidak bisalog in untuk mengerjakan soal. Hal ini disebabkan adanya sistem yangerror. "Dari spek komputernya tidak masalah, internetnya tidak masalah, hanya tadi ketika log in password-nya ditolak," katanya, Senin (13/4/2015).

Dijelaskannya hari ini mata pelajaran Bahasa Indonesia. Total ada 179 siswa sekolah tersebut yang mengikuti UN Online. Mereka terbagi dalam tiga shift, yakni 7.30 WIB, 10.30 WIB dan 14.00 WIB. Masing-masing shift terdiri dari 60 siswa yang terbagi dalam tiga laboratorium. Seluruh komputer sudah diverifikasi tim dari Jakarta.

Setiap laboratorium terdapat 20 siswa yang mengerjakan UN secara online. "Pada laboratorium dua dari 20 siswa hanya 10 siswa tidak bisa log in dan dilaboratorium ke-3 terdapat 17 siswa yang tidak bisa log in. Teknisnya saat ini sedang dilacak,"jelasnya.

Kepada siswa yang tidak bisa mengikuti ujian hari ini, menurut Rahmat, akan mengikuti ujian susulan pekan depan tetap dengan sistem online

Sementara itu, Gian Putra, salah seorang siswa SMK N 3 Kasihan menuturkan, sempat tidak bisa log in ketika akan ujian. Namun setelah berganti komputer ia berhasil log in dan mengerjakan ujian dengan lancar. "Tadi sempat gagal, tetapi setelah pindah komputer berhasil," katanya.

Di Bantul sendiri selain di SMKN 3 Kasihan, UN Online juga digelar di SMKN 1 Sewon, SMKN 2 Sewon dan SMKN 1 Bantul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar