Rabu, 04 Maret 2015

MER-C Bantu Perbaikan Masjid di Gaza Utara

Allah Subhanahu Wa Ta'ala Berfirman :
مثل الذين ينفقون أموالهم في سبيل الله كمثل حبة أنبتت سبع سنابل في كل سنبلة مائة حبة والله يضاعف لمن يشاء والله واسع عليم
“Permisalan orang-orang yang menginfaqkan harta-harta mereka di jalan Alloh adalah seperti sebuah biji yang menumbuhkan tujuh bulir, pada setiap bulirnya ada seratus biji. Dan Alloh melipatgandakan bagi orang yang dikehendaki-Nya. Dan Alloh itu Mahaluas lagi Maha Mengetahui.”

Masjid di Gaza Utara rusak     (internasional.republika.co.id)
(Mediaislamia.com) --- Gaza Berbagai donasi kemanusiaan untuk Palestina terus disalurkan para relawan Indonesia di Gaza. Kali ini, bantuan itu diserahkan Mer-C dalam bentuk bantuan perbaikan untuk dua masjiddi Gaza.

Ada dua masjid di Gaza Utara yang selesai diperbaiki relawan Indonesia di Gaza, yaitu Masjid Abdurrozaq Galebo dan Masjid Syeikh Aid Zawiyat. Kedua masjid tersebut terletak di Bayt Lahiya, Gaza Utara,yang keduanya mengalami kerusakan akibat perang 51 hari lalu.

"Alhamdulillahpelaksanaan bantuan pembuatan jendela Masjid Galebo yang hancur pascaperang lalu sudah dapat diselesaikan," ujar. Edy Wahyudi, salah seorang relawan Indonesia di Gaza, dalam laporan tertulisnya kepada MER-C Pusat Jakarta, Rabu (4/3).

"Saat ini Gaza tengah berada di musim dinginyang cuacanya cukup ekstrem. Untunglah, setelah kita melaksanakan perbaikan jendela-jendela masjid, maka jamaah Masjid Galebo, terutama jamaah salat Subuh, Maghrib dan Isya sudah dapat melaksanakan ibadah dengan lebih baik karena tidak diterpa angin yang sangat dingin," kata insinyur yang sudah tiga kali bertugas di Gazaitu.

Selain kerusakan jendela, akibat serangan lalu karpet Masjid Galebo juga banyak mengalami kerusakan total alias tidak dapat lagi digunakan jamaah. Hal tersebut mengakibatkan beberapa shaf harus menggunakan karpet yang rusak karena hantam,an rudak dan bom. Beberapa karpet menyisakan bekas terbakar atau tercabik-cabik ledakan.

Untuk itu, MER-C juga telah menyalurkan bantuan karpet untuk Masjid Galebo seluas 800 m2. Karpet dibeli dan dipasang langsung para relawan Indonesia di Gaza.

Masjid kembali rapih      (khazanah.republika.co.id)
Menurut Edy, para relawan Indonesia sebelumnya sudah menyelesaikan perbaikan Masjid Syeikh Aid Zawiyat. "Kami memperbaiki dinding masjid Zawiyat. Dinding kami plester dan cat kembali," kata dia. Relawan juga membuatkan tempat wudhu dan tambahan toilet baru. Selain itu atap teras masjid juga mengalami pergantian.

Perang juga telah meluluhlantakkan jaringan sound system masjid tersebut. Akibatnya suara adzan tidak lagi terdengar sejelas sebelumnya, mengajak umat Muslim Gaza untuk berjamaah.

"Dengan donasi dari rakyat Indonesia, MER-C juga sudah membantu sound systemMasjid Syeikh Aid Zawiyat, sehingga aktivitas dan syiar masjid bisa berjalan kembali seperti sedia kala," kata Edy.

Edy juga menyampaikan rasa terimakasih dari imam masjid dan para jamaah MasjidAbdurrozaqGalebokepada rakyat Indonesia. "Senyampang mengucapkan syukur kepada Allah SWT, mereka mengucapkan terima kasih serta do'a, berharap Allah membalas amalan yang diberikan dermawan dari Indonesia dengan balasan lebih baik," kata Edy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar