Minggu, 29 Maret 2015

Dubes RI untuk Yaman Usahakan Pembebasan WNI

Allah Subhanahu Wa Ta'ala Berfirman :
وَإِن طَائِفَتَانِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ اقْتَتَلُوا فَأَصْلِحُوا بَيْنَهُمَا ۖ فَإِن بَغَتْ إِحْدَاهُمَا عَلَى الْأُخْرَىٰ فَقَاتِلُوا الَّتِي تَبْغِي حَتَّىٰ تَفِيءَ إِلَىٰ أَمْرِ اللَّهِ ۚ فَإِن فَاءَتْ فَأَصْلِحُوا بَيْنَهُمَا بِالْعَدْلِ وَأَقْسِطُوا ۖ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُقْسِطِينَ
"Dan kalau ada dua golongan dari mereka yang beriman itu berperang hendaklah kamu damaikan antara keduanya! Tapi kalau yang satu melanggar perjanjian terhadap yang lain, hendaklah yang melanggar perjanjian itu kamu perangi sampai surut kembali pada perintah Allah. Kalau dia telah surut, damaikanlah antara keduanya menurut keadilan, dan hendaklah kamu berlaku adil; sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berlaku adil".  (QS. Al Hujurat : 9) 

Dubes RI untuk Yaman - Wajib Fauzi       (kemlu.go.id)
(Mediaislamia.com) --- Duta Besar Republik Indonesia untuk Yaman, Wajid Fauzi, saat ini sedang berkomunikasi dengan pihak terkait di Yaman dalam rangka pembebasan puluhan WNI yang dilaporkan ditahan oleh pemberontak al-Houthi.

“Ada 23 WNI ditahan oleh al-Houthi. Itu berdasarkan informasi dari otoritas keamanan Yaman, bahwa terdapat warga asing yang ditahan oleh kelompok al-Houthi. Dubes saat ini sedang berkomunikasi dengan pihak terkait,” ujar Lalu Muhammad Iqbal, Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Bantuan Hukum Indonesia (PWI-BHI) Kementerian Luar Negeri kepada CNN Indonesia pada Minggu (29/3).
Pihak KBRI, menurut Iqbal, juga belum bisa memastikan di wilayah mana Yaman WNI tersebut ditangkap.

“Belum pasti, namun melihat dari kejadian sebelumnya, kemungkinan terjadi di Sa’dah, di mana terdapat sekolah Darrul Hadits yang memang bertentangan dengan al-Houthi,” kata Iqbal.

Grilyawan Houthi         (id-id.facebook.com)
Darrul Hadits di Dammaj, Sa’dah, menjadi medan perang pada 2013 silam saat kelompok Syiah Houthi menyerang pesantren tersebut. Beberapa WNI tewas dalam serangan Houthi saat itu.

Sebelumnya, menurut mahasiswa Indonesia di Sanaa, Yaman, Houthi mengepung dan menggeledah masjid dengan mengerahkan 10 kendaraan penuh senjata beberapa waktu lalu. Warga asing di dalamnya langsung ditangkap.

Yaman kembali berkobar saat koalisi negara Arab pimpinan Arab Saudi melancarkan serangan udara dengan tujuan untuk memukul mundur pemberontak Syiah Houthi yang mulai menguasai Aden, benteng terakhir Presiden Yaman, Abd-Rabbu Mansour Hadi.

Saudi memulai serangan para Rabu (25/3) malam, dan Hadi telah angkat kaki dari negaranya pada Kamis. Ia kini berada di Riyadh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar