Sabtu, 07 Maret 2015

40 Dubes Tanam Bibit Kemiri Sunan di Kalbar

Allah Subhanahu Wa Ta'ala Berfirman :
كُنتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ
"Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah".  (QS. Ali Imran ; 110) 

Bibit pohon kemiri      (okezone.com)
(Mediaislamia.com) --- Dalam upaya meningkatkan pemanfaatan energi bersih dan konservasi energi serta pemakaian teknologi yang efisien, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat mengajak 40 duta besar menanam sebanyak 12.300 kemiri sunan (KS), 200 bibit okulasi KS dan 25 kilogram benih KS.

Gubernur Kalbar Cornelis mengatakan, sesuai Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2007 tentang Energi, diamanatkan adanya penyediaan dan pemanfaatan energi.

"Kalbar mencanangkan penanaman kemiri ini sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam peningkatan penggunaan energi bersih yang sangat penting, terutama untuk menjamin ketahanan energi nasional," ungkapnya di sela-sela pencanangan penanaman kemiri sunan di Desa Teluk Bakung, Kecamatan Sungai Ambawang, Sabtu (7/3/2015).

Menurutnya, penanaman ini sekaligus mengurangi emisi gas rumah kaca yang menyebabkan pemanasan global dan perubahan iklim.

"Diperlukan keterlibatan seluruh lapisan masyarakat untuk meningkatkan budaya energi bersih dan perilaku ramah lingkungan," jelasnya.

Penanaman KS ini selain diikuti 40 dubes, juga dihadiri enam menteri yang masing-masing menanam 1 KS sebagai simbol.

Kemiri sunan sebanyak 12.300 batang tersebut ditanam di tanah seluas 5.000 hektare milik masyarakat yang bekerja sama dengan Koperasi Minyak Nabati Banuah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar