Kamis, 02 Juli 2015

Penyebab Kecelakaan TransAsia Akhirnya Terungkap

Allah Subhanahu Wa ata'ala Berfirman :
اللَّهُ الَّذِي خَلَقَكُم مِّن ضَعْفٍ ثُمَّ جَعَلَ مِن بَعْدِ ضَعْفٍ قُوَّةً ثُمَّ جَعَلَ مِن بَعْدِ قُوَّةٍ ضَعْفًا وَشَيْبَةً ۚ يَخْلُقُ مَا يَشَاءُ ۖ وَهُوَ الْعَلِيمُ الْقَدِيرُ
"Allah, Dialah yang menciptakan kamu dari keadaan lemah, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah keadaan lemah itu menjadi kuat, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah kuat itu lemah (kembali) dan beruban. Dia menciptakan apa yang dikehendaki-Nya dan Dialah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa".   (QS. Ar Rum : 54) 

Kecelakaan Pesawat TransAsia       (pulse.ng)
(Mediaislamia.com) --- Dewan Keselamatan Penerbangan Taiwan (ASC) mengungkap penyebab kecelakaan Pesawat TransAsia yang terjadi pada Februari 2015. Berdasarkan laporan investigasi ASC, Kapten TransAsia Airways ATR, Liao Jian-Zong, telah menekan tombol yang salah beberapa detik sebelum kecelakaan yang menewaskan 43 orang tersebut terjadi.

Laporan ASC tersebut juga menunjukkan bahwa Kapten Liao Jian-Zong yang memegang kontrol pesawat saat itu gagal dalam latihan simulator pada Mei 2014.

"Wow, saya telah menarik tuas yang salah," kata Liao, seperti terdengar dalam rekaman suara beberapa detik sebelum pesawat jatuh.

Pengangkatan bangkai TransAsia B-22816      (faz.net)
Berdasarkan laporan, tampaknya terjadi kebingungan dalam kokpit pesawat sebab ada dua kapten yang mencoba untuk mengontrol kembali pesawat setelah mesin pesawat kehilangan daya selama tiga menit karena penerbangan yang gagal. Liao menarik salah satu tuas pada mesin yang masih bisa berjalan. Namun, dia tidak menyadari kalau itu tuas yang salah sampai akhirnya semua sudah terlambat.

Dia mencoba untuk menyalakan kembali mesin pesawat sebelum seorang pegawai junior pertama, yang juga sedang latihan di kokpit berteriak, "Impact, impact. Bersiap untuk impact."

Teriakan tersebut menjadi kata-kata terakhir yang terekam. Berdasarkan hasil investigasi ASC, kecelakaan terjadi saat cuaca baik-baik saja.

Beberapa detik kemudian, ATR 72-600 yang membawa 58 penumpang terbalik dan terjatuh ke sungai dangkal di Taipei setelah menabrak sejumlah bangunan, jalan layang, dan taksi. Sebanyak 15 penumpang selamat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar