Sabtu, 18 Juli 2015

ISIS Eksekusi Wartawan Irak Di Mosul

Gambar bendera ISIS di tembok rumah warga Mosul, Irak.
(Foto: dok. Nahar Net)
Mosul, Irak, 19 Juli 2015 (MediaIslamia.com) --- Kelompok Islamic State (ISIS/Daesh) telah mengeksekusi seorang wartawan Irak di kota Mosul, Irak utara, atas tuduhan mata-mata, pejabat lokal dan rekan wartawan mengatakan Sabtu (18 Juli).

Wartawan bernama Jala al-Abadi dibawa dari rumahnya dengan telepon dan laptop-nya pada tanggal 4 Juni dan dieksekusi pada Rabu (15 Juli) oleh regu tembak setelah divonis oleh pengadilan ISIS.

Seorang mantan pejabat keamanan senior dan sumber medis di Mosul mengkonfirmasi kematian wartawan muda tersebut, Nahar Net melaporkan.

Ayah dua anak kelahiran 1988 itu telah bekerja sebagai juru kamera untuk saluran tv lokal sebelum ISIS mengambil alih Mosul, kota kedua Irak tersebut pada Juni 2014.

Dia meninggalkan kotanya itu, tetapi menurut seseorang yang dekat dengannya, ia kembali ke Mosul karena alasan pribadi, namun tidak dijelaskan.

Abadi ditangkap ketika ia mencoba meninggalkan kota lagi dan diadili oleh ISIS yang telah memerintah kota sejak 10 Juni tahun lalu, dengan dakwaan "membocorkan informasi" tentang kelompok tersebut kepada pers nasional.

ISIS telah mengeksekusi beberapa wartawan di Mosul, ibukota provinsi Nineveh dan kota terbesar yang dikuasai ISIS.

Ketua Jaringan Media Nineveh, Mohammed al-Bayati, mengutuk eksekusi terbaru itu dan mendesak PBB untuk membantu keluarga wartawan yang dibunuh.

(www.naharnet.com/MI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar