Sabtu, 20 Juni 2015

Ramadan Bertabur Cahaya

Rasulullahu Shalallahu 'alaihi wassalam besabda :
مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ.
“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena keimanan dan mengharapkan pahala (dari Allah Subhanahu wa Ta’ala), niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu". 

Ilustrasis    (uraianayatalquran.blogspot.com)
(Mediaislamia.com) --- Layaknya perhiasan, hampir semua orang menginginkannya. Bahkan rela berkorban apa pun untuk mendapatkannya. Keberadaannya sebagai benda yang begitu berharga, membuat tak sedikit orang tergila-gila. Setelah dimiliki, ia disimpan di tempat yang aman dengan penuh kehati-hatian. Tidak sedikit yang menjadi tinggi hati karenanya.

Jika Ramadan diibaratkan perhiasan, dan perhiasan tersebut memiliki kilau yang menakjubkan, maka ramailah orang-orang menginginkannya. Hadir selalu dirindukan dan kepergiannya tidak diinginkan umat muslim seluruh dunia. Bagi seorang mukmin, kepergian bulan Ramadan amat disesalkan. Tak heran, begitu banyak orang yang berdoa agar dipertemukan kembali dengan Ramadan.

Ibarat sebuah perhiasan, kilauan Ramadan begitu cemerlang sehingga tampak dari kejauhan. Seperti bintang di langit, kilauan membuat setiap orang ingin menggapainya. Namun, mengapa Ramadan begitu istimewa dan begitu dirindukan?

Ramadan Bertabur "Cahaya"

Pantaslah begitu banyak mukmin merindukan kehadiran Ramadan dan menyesali kepergiannya. Sangat banyak keutamaan yang hanya didapatkan selama bulan tersebut. Berikut beberapa keutamaan bulan Ramadan:

1) Al-Quran diturunkan pada bulan Ramadan.Allah SWT berfirman: "Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan ) al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)." (QS. al-Baqarah [2]: 185).

2) Pintu langit dibuka, sedangkan pintu-pintu neraka ditutup. Rasulullah saw bersabda: "Apabila telah datang bulan Ramadan, pintu-pintu langit dibuka, sedangkan pintu-pintu neraka ditutup, dan setan dibelenggu." (HR. Bukhari-Muslim).

Cahaya Ramadhan        (youecif.com)
3) Diampuninya dosa-dosa di bulan itu. Rasulullah saw bersabda: "Barangsiapa yang berpuasa Ramadan dengan penuh iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu," (HR. Bukhari-Muslim).

4) Dilipatgandakan pahala pada bulan Ramadan. Rasulullah saw bersabda: "Pahala umrah pada bulan Ramadan menyamai pahala ibadah haji." (HR. Bukhari dan Muslim).

5) Lailatul qadr ada di bulan Ramadan. Lailatul qadr adalah suatu malam yang ada pada 10 hari terakhir di bulan Ramadan. Malam tersebut memiliki banyak sekali berkah dan kemuliaan, bahkan satu malam tersebut lebih baik dari seribu bulan.

6) Bulan Ramadan adalah bulan ibadah dan amal kebaikan.

Rasulullah saw bersabda: "Barangsiapa yang berdiri salat pada bulan Ramadan dengan penuh iman dan mengharap pahala maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhari-Muslim).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar