Selasa, 02 Juni 2015

Ketika Umat Muslim dan Yahudi Berdoa Bersama

Allah Subhanahu Wa Ta'ala Berfirman :
وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ
Dan Tuhanmu berfirman: “Mohonlah (mintalah) kamu kepada-Ku, pasti Aku perkenankan (permintaan) kamu itu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”.      (QS. Al Mu'min : 60) 

Umat Muslim dan Yahudi Doa bersama       (beritasatu.com)
(Mediaislamia.com) --- Sekelompok umat Muslim dan Yahudi beribadah beriringan di sebuah pantai di Los Angeles, pada Subuh awal Mei lalu. Kedua kelompok berdoa bersama dalam bahasa Arab dan Yahudi diiringi suara ombak.

"Kami sebenarnya terkejut bahwa kami bisa melakukan ini bersama-sama dan rupanya apa yang kami lakukan mirip," kata Maryam Saleemi. "Kami seolah-olah tersadar bahwa kami berdoa ke Tuhan yang sama, jadi kenapa tidak kami berdoa bersama".

Sembahyang bersama ini adalah bagian dari inisiatif Two Faiths One Prayer yang menaungi 20 orang Muslim dan Yahudi untuk berdoa bersama di tempat-tempat umum. Mereka pergi bersama-sama dengan angkutan umum dan saling mencari kesamaan dalam perjalanan mereka.

Di Balai Kota Los Angeles, sebanyak 70an orang mengikuti doa bersama dan diikuti dengan makan malam dan salat Isha bagi yang beragama Islam dan memanjatkan doa Piyyutim bagi Yahudi.

Acara ini diorganisir oleh New Ground, sebuah organisasi lintas umat beragama yang memfokuskan diri mendekatkan Muslim dan Yahudi.

Tuli Skaist mengatakan berdoa bersama dengan umat Muslim justru semakin memperkaya pengalaman ibadah Yahudinya. Dia berharap acara serupa bisa lebih sering diadakan.

"Mudah-mudahan ini hanya awal. Saya berharap lebih banyak orang terinspirasi dan berdoa bersama, bukan hanya dalam konteks acara yang diorganisir panitia," kata dia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar