Rabu, 02 September 2015

PBB : Gaza Tak Layak Huni 2020 .... Benarkah ?

Allah Subhanahu Wa ta'ala Berfirman :
وَمَا كَانَ رَبُّكَ لِيُهْلِكَ الْقُرَىٰ بِظُلْمٍ وَأَهْلُهَا مُصْلِحُونَ
"Dan Tuhanmu sekali-kali tidak akan membinasakan negeri-negeri secara zalim, sedang penduduknya orang-orang yang berbuat kebaikan".    (QS. Hud : 117) 

Konferensi UNCTAD di PBB      (addisababaonline.com)
(Mediaislamia.com) --- Jika perekonomian terus memburuk, PBB berpendapat bukan tak mungkin Gaza, Palestina, akan menjadi kota tak layak untuk dihuni pada 2020 nanti.

Peringatan itu datang dari laporan Konferensi PBB mengenai Perdagangan dan Pembangunan (UNCTAD) yang dirilis pada Selasa (1/9/2015) lalu, yang memperlihatkan perekonomian Gaza yang terdampak oleh perang antara Israel dan Palestina.

Menurut laporan tersebut, dilansir oleh The Washington Post, perang telah membuat populasi penduduk kota itu "melarat dan bergantung pada bantuan kemanusiaan dari dunia".

Gaza akan bangkit lagi      (berita-islamnews.blogspot.com)
Selain itu, dikutip dari TIME, perang juga berdampak pada kemampuan Gaza untuk melakukan ekspor dan produksi di pasar domestik, lantaran sudah tidak ada waktu untuk merekonstruksi dan memulihkan perekonomian.

"Konsekuensi yang berhubungan dengan keamanan, kesehatan, dan sosial dari padatnya populasi adalah satu dari beberapa faktor yang bisa membuat Gaza tak layak dihuni pada 2020 nanti," demikian isi laporannya.

Sedangkan, prospek perekonomian Palestina pada 2015 ini dikatakan dalam laporan tersebut suram, mengingat situasi politik negara itu sedang tidak stabil dan rekonstruksi pascaperang dikatakan lambat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar