Selasa, 22 September 2015

Jokowi Akan Bertemu Obama 26 Oktober 2015 di Gedung Putih

Allah Subhanahu Wa ta'ala Berfirman :
يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُم مِّن ذَكَرٍ وَأُنثَىٰ وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِندَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ
"Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal".   (QS. Al Hujurat : 13) 

Saat kunjungan Obama ke Indonesia      (berita2bahasa.com)
(Mediaislamia.com) --- Presiden Indonesia Joko Widodo dijadwalkan mengunjungi Amerika Serikat pada 26 Oktober mendatang. Hal ini terungkap dalam pertemuan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno L.P. Marsudi dengan Menlu AS John F. Kerry di Washington, DC, Senin kemarin waktu setempat.

“Saya ingin pastikan dengan Menlu Kerry bahwa kunjungan Presiden Jokowi ke AS memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat," bunyi pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri  pada Selasa, 22 September 2015.

Dalam kunjungan Jokowi, Presiden Barack Obama direncanakan menyambut di Ruang Oval. Pertemuan di Ruang Oval di antara kedua kepala negara dilakukan terakhir kali pada sepuluh tahun lalu saat Indonesia masih dipimpin Susilo Bambang Yudhoyono. Sebagai tamu khusus pemerintah AS, Jokowi akan beristirahat di Blair House selama kunjungan di Washington, DC.

“Pertemuan di Oval Office dan tempat peristirahatan Presiden Jokowi di Blair House memberikan simbol kedekatan hubungan kedua negara,” ujar Retno.

Kunjungan Jokowi dilakukan seiring dengan lima tahun kemitraan komprehensif Indonesia dan AS yang diluncurkan pada 2010. “Saat kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke Amerika Serikat, kedua kepala negara direncanakan akan meluncurkan hubungan Indonesia dan AS yang lebih strategis,” ucapnya.

Tamu kenegaraan AS-RI         (tempo.co)
Dalam pertemuan tersebut, kedua menlu juga membahas kerja sama untuk mempromosikan toleransi dan moderasi dalam menyikapi berbagai tantangan fenomena radikalisme global. Secara khusus, Retno mengangkat pentingnya memanfaatkan masjid Indonesia di Washington, DC, sebagai pusat penyebaran pluralisme.

Menlu Kerry menggarisbawahi bahwa Indonesia merupakan negara besar terkait dengan toleransi dan pluralisme. Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki peran penting dalam mengatasi berbagai ancaman radikalisme dan ekstremisme di dunia dewasa ini.

AS merupakan mitra dagang terbesar keempat bagi Indonesia dengan total perdagangan tahun 2014 mencapai US$ 27,7 miliar. Di bidang investasi, AS menduduki peringkat keenam di Indonesia dengan nilai investasi US$ 1,3 miliar. Sedangkan jumlah kunjungan wisatawan AS ke Indonesia mencapai 234.117 pada 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar