Minggu, 16 Agustus 2015

Siswi SMAN 1 Metro Lampung Bawa Baki Bendera Pusaka di Istana

Allah Subhanahu Wa Ta'ala Berfirman :
إِنَّ اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا مَا بِأَنفُسِهِمْ
"Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri".   (QS. Ar Ra'd : 11) 

Dela Helvira Herlika       (lampung.tribunnews.com)
(Mediaislamia.com) --- Siswi SMAN 1 Metro, Lampung, Della Elvira Herlika didapuk menjadi pemimpin upacara pengukuhan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2015 di Istana Negara, Sabtu (15/8). Della pula yang menerima lencana dan penyematan ikat pinggang secara simbolis oleh Presiden Joko Widodo. Jika tak ada perubahan, Della Elvira Herlika akan menjadi sosok pembawa baki bendera pusaka Merah Putih.

Sebanyak 68 pelajar sekolah menengah atas dari 34 provinsi dikukuhkan sebagai anggota Paskibraka oleh Presiden Jokowi. Mereka akan mengemban tugas mengibarkan sang saka Merah Putih pada peringatan hari Proklamasi Kemerdekaan RI ke-70 di halaman Istana Merdeka pada 17 Agustus besok.

Sebelum dikukuhkan, para calon anggota Paskibraka mengucapkan janji di hadapan Presiden Jokowi. Selain itu, upacara juga dilakukan sekaligus dengan penciuman bendera pusaka. "Dengan ini, saya mengukuhkan saudara-saudara sebagai pengibar bendera pusaka 2015. Semoga saudara-saudara dapat melaksanakan tugas dengan baik," kata Jokowi. Secara simbolis, Jokowi menyematkan lencana dan selendang kepada Della Elvira Herlika selaku pemimpin upacara.

Sebanyak 68 anggota Paskibraka ini akan dibagi menjadi dua tim. Tim A akan mengibarkan bendera Merah Putih pada upacara peringatan kemerdekaan ke-70 RI di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/8). Sementara tim B akan bertugas dalam upacara penurunan bendera pusaka pada sore harinya.

Pembawa Baki

Dalam upacara Kemerdekaan di Istana Negara, anggota Paskibraka yang membawakan baki bendera pusaka selalu menjadi perhatian masyarakat. Nama Della Elvira Herlika pun kini disebut-sebut akan menjadi pembawa baki pada upacara pengibaran Bendera Merah Putih di Istana Negara.

Jokowi kukuhkan Della Helvira   (lampung.tribunnews.com)
Della Elvira merupakan siswi asal SMAN 1 Metro yang lolos menjadi petugas Paskibraka tingkat nasional. Selain Della, Lampung diwakilkan Rio Februan Jaya asal SMA Negeri I Kota Gajah, Lampung Tengah.

Saat latihan gabungan, Della selalu dipilih sebagai pembawa baki. Ia tergabung dalam tim 8 yang menjemput bendera pusaka Merah Putih. Meski demikian posisi Della masih bisa tergeser sesuai amanah pelatih atau bahkan permintaan Presiden.

"Untuk sekarang masih belum tahu posisi tetapnya, karena masih dibentuk-bentuk. Di sini ada dua tim, salah satunya tim 8 yaitu pembawa baki. Biasanya pembawa baki itu riskan. Pas hari H bisa saja diganti. Jika Presiden menginginkan wakil dari provinsi mana, ya saya turun. Tetapi jika tidak ada perubahan aku yang jadi pembawa baki," ungkap Della, kemarin.

Della Elvira Herlika yang memiliki tinggi 175 cm ini, mengaku tidak menyangka bisa menjadi anggota Paskibraka. Ia pun merasa bersyukur bisa terpilih mewakili Lampung sebagai anggota Paskibraka.

"Aku nggak sangka. Tahun lalu, aku masih mengibarkan bendera jadi pasukan 45 di sekolah. Dan, hanya menonton dari lobby sekolah pengibaran bendera di Istana melalui televisi. Tetapi, sekarang aku di sini, di Cibubur (Jakarta) latihan untuk upacara 17 Agustus 2015. Nggak sangka, seneng, bangga, anugerah banget. Karena aku bukan nonton lagi, tapi aku juga ngibarin," ujar Della.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar