Sabtu, 22 Agustus 2015

Bandara India Pengguna Energi Surya Pertama di Dunia

Allah Subhanahu Wa Ta'ala Berfirman :
أَفَلاَ يَنْظُرُوْنَ إِلَى اْلإِبِلِ كَيْفَ خُلِقَتْ     وَإِلَى السَّمَاءِ كَيْفَ رُفِعَتْ     وَإِلَى الْجِبَالِ كَيْفَ نُصِبَتْ      وَإِلَى اْلأَرْضِ كَيْفَ سُطِحَتْ
”Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana dia diciptakan? Dan langit, bagaimana ia ditinggikan? Dan gunung-gunung bagaimana ia ditegakkan? Dan bumi bagaimana ia dihamparkan ?”   (QS. Al-Ghasiyah: 17-20) 

Bandara Internasional Cochin India     (cnnindonesia.com)
(Mediaislamia.com) --- Bandara Internasional Cochin, di India Selatan, menjadi bandara pertama di dunia yang sepenuhnya memanfaatkan energi surya sebagai pembangkit listrik guna menunjang kegiatan operasional

Dalam sebuah pernyataan pekan ini, pengelola bandara mengatakan bahwa mereka memanfaatkan 46.000 panel surya di lahan seluas 18,2 hektar untuk menghasilkan 12 megawatt listrik.

Pengelola mengatakan proyek ini sebenarnya telah berjalan sejak 2013, dimulai dengan memasang panel surya di atap sejumlah terminal. Hingga akhirnya pengelola memutuskan untuk memperluas panel tersebut.

Panel Surya di Bandara Cochin       (kabar24.bisnis.com)
Diharapkan, penggunaan tenaga matahari ini bisa mengurangi 300 ribu ton emisi karbon sebesar selama 25 tahun ke depan. Selain itu, langkah ini juga diharap mampu menghemat pengeluaran untuk biaya energi.

Langkah ini dilakukan pengelola Bandara Internasional Cochin untuk mendukung rencana pemerintah India yang menargetkan negara itu dapat memproduksi 100 gigawatt pada 2022 mendatang. 

Menurut laporan The Independent, saat ini pemerintah India mengklaim telah memproduksi 4 gigawatt dari tenaga surya.


Silahkan klik Vidio di bawah ini :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar