Jumat, 29 Mei 2015

Wakil Ketua DPR Lepas Relawan Kemanusiaan Suriah



Wakil Ketua DPR, Fadli Zon dan Fahri Hamzah, Kamis (28/05), melepas delegasi relawan Forum Indonesia Peduli Syam (FIPS) yang akan berangkat ke Turki. FIPS membawa bantuan rakyat Indonesia untuk warga Suriah yang menjadi pengungsi akibat konflik berkepanjangan.
Fadli Zon mengatakan, delegasi kemanusiaan FIPS ini berangkat bukan hanya mewakili organisainya, tetapi mewakili Indonesia.”Ini juga dalam rangka membawa aspirasi warga Indonesia,” kata Fadli diruang kerjanya di Gedung Nusantara III, kompleks Parlemen Senayan Jakarta.
Politisi Partai Gerindra itu menambahkan bahwa keberangkatan misi kemanusiaan FIPS kali ini penting untuk mengumpulkan informasi terkait kondisi warga Suriah, yang mengalami penderitaan akibat konflik selama empat tahun lebih. Informasi itu nantinya perlu disampaikan kepada khalayak di Indonesia, agar masyarakat tergerak hatinya untuk membatu saudara muslim Suriah.
“Saat ini banyak orang takut bicara tentang Suriah karena label ISIS,” imbuh Fadli.

fipss

Sementara Anggota Dewan dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Fahri Hamzah menyampaikan bahwa kepedulian orang Indonesia terhadap muslim Suriah menunjukkan fokus sebagai satu umat yang sama. Fahri menilai, ke depan bantuan tersebut juga perlu disampaikan melalui jalur diplomasi negara.
“Alangkah baiknya secara diplomatik bisa dibuka oleh pak Fadli di sana,” ungkap Fahri.
Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua DPR Fadli Zon secara simbolik menyerahkan bantuan kemanusiaan yang diterima Ketua FIPS, Ustad Bachtiar Nashir, untuk disampaikan kepada pengungsi Suriah. Selain itu juga diserahkan bantuan kemanusiaan dari rakyat Indonesia yang diwakili Wakil Ketua DPR Fadli Zon untuk Rumah Sakit Lapangan Salma melalui Hilal Ahmar Society Indonesia (HASI)”

Hasii
Di hadapan kedua wakil rakyat tersebut, Sekretaris Jenderal FIPS Abu Harits mengatakan bahwa selain membawa bantuan kemanusiaan, misi tersebut juga dilakukan dalam rangka memperingati insiden Mavi Marmara. Selain memberangkatkan relawannya, FIPS juga mengajak sejumlah nama yang selama ini dikenal peduli terhadap masalah kemanusiaan, yang menimpa umat Islam seperti Fahmi Salim (MUI), Achmad Michdan (Tim Pengacara Muslim), Mustofa Nahrawardaya (Muhammadiyah), dan Ubay Salman (wartawan Senior JITU).

Konflik yang terjadi Suriah saat ini telah memasuki tahun kelima. Jutaan warganya terpaksa mengungsi, termasuk kesejumlah negara tetangga Suriah antara lain di Turki, Yordania, dan Lebanon.(kiblat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar