Jumat, 23 Oktober 2015

Presiden Jokowi Akan Bertandang ke Amerika Serikat

Allah Subhanahu Wa Ta'ala Berfirman :
إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإِحْسَانِ وَإِيتَاءِ ذِي الْقُرْبَىٰ وَيَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنكَرِ وَالْبَغْيِ ۚ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ
"Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran".    (QS. An Nahl : 90) 

Barak Obama dan Joko Widodo       (mediaterpercaya.tk)
(Mediaislamia.com) ---- Presiden Jokowi akan mengunjungi Amerika Serikat pada 25-29 Oktober mendatang. Sejumlah agenda Jokowi selain bertemu dengan Presiden AS Barrack Hussein Obama, juga akan bertemu dengan para pengusaha. Berikut jadwalnya:

Minggu, 25 Oktober, di Washington DC. Jokowi akan tinggal di Blair House. Jam empat sore, Presiden akan menemui masyarakat Indonesia yang tinggal di DC.

Senin jam 9 pagi, Presiden Jokowi akan sarapan bersama para eksekutif dari Freeport McMoran di Wilard Hotel.

Presiden Jokowi jam 10 akan bertemu dengan Presiden Obama di Gedung Putih. Obama akan menerimanya di Oval Office, ruang kerja kepresidenan. Konferensi pers bersama Obama

Presiden Jokowi akan mengadakan jamuan makan siang di Kementrian Luar Negeri (Department of State) Amerika Serikat (pukul 12.30-14.00). Menlu John Kerry akan menjadi tuan rumah jamuan makan itu.

Presiden Jokowi akan mengadakan pertemuan dengan orang per orang (one to one meeting) hingga pukul 17.00.

Pukul 17.00 -19.00 Presiden Jokowi akan berbicara di depan para pengusaha Amerika yang tergabung didalam US Chamber of Commerce. Ini adalah semacam Kadin di Amerika.

Pada pukul 19.00, Presiden Jokowi dijadwalkan akan menghadiri jamuan makan malam. Yang menjadi tuan rumah adalah US Chamber of Commerce. Makan malam ini juga akan dihadiri oleh Menteri Perdagangan AS.

Saat Jhon Kerry kunjungan ke Indonesia   (tribunnews.com)
Selasa, 27 Oktober, Presiden Jokowi kembali akan bertemu dengan para pengusaha. Pertemuan pukul 8 pagi, akan diawali dengan sarapan bersama. Kali ini yang mendapat giliran adalah para 'fund-manager' atau orang-orang yang bergerak dalam bidang investasi dan jasa keuangan.

Sejam kemudian, Presiden Jokowi akan bertemu dengan para pimpinan Congress (DPR dan Senat) Amerika Serikat. Dia akan diterima John Boehner, Ketua DPR yang akan mundur dari jabatannya akhir bulan ini, dan Ketua Senat Mitch McConnell. (9.00-10.00).

Jokowi akan pidato di The Brookings Institution atau Carnegie Endowment for International Peace. The Brookings Institution adalah think tank tertua di dunia. Lembaga ini melakukan banyak melakukan riset kebijakan dengan fokus utama ekonomi, pembangunan, hubungan internasional, tata-pemerintahan (governance) serta ekonomi global. Sementara Carnegie Endowment for International Peace adalah think tank yang mengkaji kerjasama internasional dan memberi masukan soal kebijakan luar negeri kepada pemerintah Amerika.

Presiden Jokowi kembali akan bertemu dengan para manajer modal ventura (fund managers). Selama satu jam (14.00-15.00) dia akan mengadakan konferensi dengan para manajer keuangan ini.

Jokowi menuju ke San Fransisco pada jam 18.00, Presiden Jokowi akan melakukan 'blusukan' di Washington. Untuk acara ini, Presiden sendirilah yang akan menentukan kemana dia hendak pergi. Dalam jadwal acara disebutkan 'biasanya Presiden akan pergi dengan para relawan.'

Presiden Jokowi akan dimulai di kota San fransisco ini jam 10 pagi. Dia dijadwalkan akan bertemu dengan orang-orang Indonesia yang ada di Silicon Valley. Pertemuan itu akan diadakan di Computer Museum, Palo Alto.

Presiden Jokowi akan meresmikan sebuah usaha modal ventura yang diberi nama Palapa Ventures. Perusahan ini digagas oleh Indonesian Diaspora Business Council (IDBC).

Ketua IDBC Edward Wanandi, Tirto Aji Yahoo, Dia dibantu oleh Mahendra Siregar

Presiden Jokowi akan makan siang dengan para CEO (Chief Executive Officers) perusahan-perusahan teknologi informasi.

Jokowi akan kembali melakukan 'blusukan' di wilayah 'Bay area', yakni daerah seputaran San Francisco. Seperti di Washington DC pun, dia akan diampingi oleh para relawan.

- mengunjungi kantor pusat Google
- berkunjung ke kantor pusat Apple
- Jamuan makan malam oleh CEO Apple, Tim Cook.

Presiden Jokowi dan rombongan akan meninggalkan San Fransisco keesokan harinya (29 Oktober) dan kembali ke Jakarta. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar